Latest news

Penyerahan Sertifikat Surveillance Akreditasi dan Pemenang Lomba Pelayanan PTSP

No comments

Kamis, 03 Desember 2020 Direktorat Jenderal Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara melaksanakan acara penyerahan sertifikat surveillance akreditasi penjaminan mutu dilingkungan peradilan Militer dan Tata Usaha Negara sekaligus penyerahan sertifikat dan plakat pemenang lomba pelayanan terpadu satu pintu Pengadilan Militer serluruh indonesia.

Acara tersebut dilaksanakan secara daring mengingat masih belum berakhirnya wabah covid 19, berdasarkan surat Dirjen Badilmilitun MARI Nomor : 83/Djmt/Kep/11/2020 tanggal 27 November 2020 tentang kegiatan penyerahan sertfikat Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu di Lingkungan Peradilan Militer bahwa penyrerahan sertifikat diserahkan secara simbolis yang dilaksanakan secara online.

Adapun Pengadilan yang menerima Sertifikat Surveillance Akreditasi yang kesemuanya mendapatkan nilai Akreditasi dengan predikat “A” excellent adalah :

  1. Pengadilan Militer I-03 Padang
  2. Pengadilan Militer I-02 Medan
  3. Pengadilan Militer I-04 Palembang
  4. Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta
  5. Pengadilan Militer III-13 Madiun
  6. Pengadilan Militer III-19 Jayapura

Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat serta plakat untuk pemenang lomba pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) untuk masing – masing juara yaitu:

  1. Pengadilan Milier I-07 Balikpapan
  2. Pengadilan Militer I-02 Medan
  3. Pengadilan Militer III-19 Jayapura , yang mana sertifkat serta plakat diserahkan simbolis kepada masing-masing kepala Kepala Pengadilan Militer Tinggi nya masing-masing. untuk Pengadilan Militer I-02 Medan diserahkan kepada kepala Pengadilan MIliter Tinggi I Medan yaitu Kolonel Sus Reki Lumme, SH,MH.

admin.

.

dilmil medanPenyerahan Sertifikat Surveillance Akreditasi dan Pemenang Lomba Pelayanan PTSP
read more

Sidang Pembacaan Putusan Perkara Pembunuhan Berencana a.n Terdakwa Praka Marten Priadinata Candra

No comments

Medan, 24 November 2020 Pengadilan Militer I-02 Medan melaksanakan sidang lanjutan dengan agenda pembacaan putusan atas nama Terdakwa Praka Marten Priadanata Candra anggota TNI AD, bertugas di KOREM 023/KS dengan kasus pembunuhan berencana dimana yang menjadi korban adalah istri terdakwa sendiri dengan dibantu oleh dua orang rekannya perempuan yang tak lain adalah selingkuhan terdakwa.

Sidang dengan Nomor Perkara: 50-K/PM.I-02/AD/IX/2020 ini digelar di Ruang Sisingamangaraja XII yang diketuai langsung oleh Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan  Letkol Sus Sarifuddin Tarigan, SH, MH, dan Hakim Anggota, masing-masing Letkol Chk Sudiyo, SH, MH, serta Mayor Sus Ziky Suryadi, SH, MH.  Penas ehathukum, Mayor Chk TB Harefa, SH, dan Serma J Nainggolan, SH, MH dari Kumrem 023/KS, dikenakan dakwaan primer Pasal 340 Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP, dengan dakwaan subsider Pasal 338 Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam persidangan sebelumnya terdakwa dituntut oleh Oditur Militer dengan pidana pokok hukuman mati serta pidana tambahan dipecat dari dinas militer. adapun putusan yang dijatuhkan oleh Majelis hakim lebih ringan dibanding dengan tuntutan Oditur Militer tersebut yaitu Pidana Pokok Penjara selama 20 tahun dan pidana tambahan dipecat dari dinas militer. selanjutnya Terdakwa dan Oditur Militer ditanya oleh hakim ketua apakah menerima ataupun melakukan  upaya hukum karena putusan ini belum berkekuatan hukum tetap masih ada upaya hukum yang bisa dilakukan oleh Terdakwa ataupun Oditur Militer kemudian Terdakwa memiliih untuk Pikir-pikir, selanjutnya Majelsi memberi waktu 7 hari untuk menyampaikan sikapnya. Perseidangan selesai ditutup oleh Hakim Ketua, Terdakwa langsung dibawa oleh petugas keluar dari ruang sidang  kembali ke Rumah Tahanan Militer.

admin.

dilmil medanSidang Pembacaan Putusan Perkara Pembunuhan Berencana a.n Terdakwa Praka Marten Priadinata Candra
read more

Rapat Koordinasi (Rakor) dibawah Jajaran Dilmilti I Medan

No comments

Medan, 06 November 2020

Pengadilan Militer Tinggi I Medan melaksanakan Rakor yang dilaksanakan di Hermes Palace Hotel Medan.

Dalam kesempatan ini, Kadilmil I-02 Medan juga memaparkan hasil dari penilaian ZI menuju WBK yang nanti juga akan dipresentasikan di Pelaksanaan Desk Evaluasi ZI Tahun 2020 yang akan dilaksanakan melalui daring dengan aplikasi Zoom.

Pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Dilmilti I Medan ini dihadiri oleh Kadilmil dan Sekretaris dari setiap pengadilan militer dibawah jajaran Dilmilti I Medan.

 

 

admin

dilmil medanRapat Koordinasi (Rakor) dibawah Jajaran Dilmilti I Medan
read more

Pengadilan Militer I-02 Medan Melaksanakan Sidang Secara Virtual Dimasa Pandemi

No comments

 

Selasa, 20 Oktober 2020.

Pengadilan Militer I-02 Medan melaksanakan persidangan secara virtual an. Terdakwa Praka Marten Priadinata Candra dengan nomor perkara : 50-K/PM.I-02/AD/IX/2020. Terdakwa didakwa oleh Oditur Militer dengan dakwaan Primer : Pasal 340 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Subsideir : Pasal 338 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

yaitu :

”Primeir : Barangsiapa sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, yang dilakukan secara bersama-sama”

”Subsideir : Barangsiapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain yang dilakukan secara bersama-sama”.

Adapun agenda sidang hari ini adalah pemeriksaan saksi, yang mana tempat kejadian perkara dan alamat para saksi adalah berada di  Sibolga sehingga untuk pemeriksaannya dilakukan secara virtual untuk merespon pandemi saat ini. ada sebanyak 5 (lima) orang saksi yang diperiksa antara lain 1. Samaria Magdalena Simatupang 2. Winda Nopi Yanti Simanjuntak (saksi sipil yang juga sebagai tersangka yang ditahan di Lapas Sibolga) 3.Antonius Zebua 4. Eva Setiawati Gulo 5. Zulkifli Harefa.

Dalam persidangan ini berjalan dengan lancar walau ada sedikit kendala khususya pada jaringan internet yaitu dalam hal suara terkadang tidak kedengaran namun secara umum dapat berjalan dengan lancar. adapun para saksi tersebut berada di Lapas Sibolga yang juga di fasilitasi oleh Lapas Sibolga yang bekerja sama dengan petugas Denpom Sibolga serta Oditur Militer I-02 Medan.

   

Dan di persidangan ini juga dilakukan pemeriksaan barang bukti. Dimana barang bukti tersebut terdiri dari 1 unit Sepeda Motor Vario, 1 unit HP Redmi, 1 batang besi ulir dengan panjang 50 cm dan beberapa berkas pendukung untuk pemeriksaan seperti hasil tes DNA, foto tulang tengkorak dan foto pakaian yang digunakan korban.

  

Admin.

dilmil medanPengadilan Militer I-02 Medan Melaksanakan Sidang Secara Virtual Dimasa Pandemi
read more

HUT TNI Ke-75

No comments

Medan, 05 Oktober 2020

Presiden Joko Widodo memimpin upacara perayaan hari ulang tahun ( HUT) ke-75 TNI di Istana Negara, Jakarta, pada pukul 09.00 WIB
Upacara ini dilaksanakan secara terbatas. Upacara tersebut dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD; dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kemudian Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Adapun tema HUT ke-75 TNI bertajuk “Sinergi untuk Negeri”.

Upacara HUT ke-75 di daerah juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Di Pengadilan Militer I-02 sendiri pun mengikuti Upacara HUT TNI secara Virtual yang dilaksanakan di Ruang Sidang Sisingamangaraja XII yang di hadiri oleh seluruh personil TNI dan ASN yang ada di Pengadilan Militer I-02 Medan.

   

admin

dilmil medanHUT TNI Ke-75
read more

Prajurit TNI Pemutilasi Istri Jalani Sidang Pertama di Pengadilan Militer I-02 Medan

No comments

Medan, Rabu 07 Oktober 2020 Pengadilan Militer I-02 Medan menggelar sidang perdana kasus pembunuhan dengan mutilasi Ayu Lestari yang tak lain adalah suaminya sendiri atas nama Terdakwa Praka Marten Priadinata Candra di Pengadilan Militer I-02 Medan, Jln Ngumban Surbakti No. 45 Kota Medan, Sumatera Utara.

Praka Marten yang berdinas di Kima Korem 023/Kawal Samudera, Sibolga itu, menjalani sidang pertama dengan surat dakwaan No: Sdak/55/VIII/2020 tanggal 13 Agustus 2020. Praka Marten yang didampingi Penasehat hukumnya hadir di ruang persidangan dengan pakaian dinas lengkap, mengenakan masker, serta mendapat pengawalan ketat dari  pengamanan penuntut yaitu Oditur Militer serta Provost Pengadilan Militer I-02 Medan.

Sidang dengan Nomor Perkara: 50-K/PM.I-02/AD/IX/2020 ini digelar di Ruang Sisingamangaraja XII dengan Majelis Hakim Ketua, Letkol Sus Sarifuddin Tarigan, SH, MH, dan Hakim Anggota, masing-masing Letkol Chk Sudiyo, SH, MH, serta Mayor Sus Ziky Suryadi, SH, MH.

Dalam persidangan, Praka Marten yang didampingi Penas ehathukum, Mayor Chk TB Harefa, SH, dan Serma J Nainggolan, SH, MH dari Kumrem 023/KS, dikenakan dakwaan primer Pasal 340 Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP, dengan dakwaan subsider Pasal 338 Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Adapun agenda persidagan hari ini adalah pemeriksaan saksi dan barang bukti dan akan dilanjutkan kembali persidangan pada tanggal 20 Oktober di ruang sidang Sisingamangaraja XII Pengadilan Militer I-02 Medan.

Admin.

dilmil medanPrajurit TNI Pemutilasi Istri Jalani Sidang Pertama di Pengadilan Militer I-02 Medan
read more

PENGUMUMAN TENTANG SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI (JPT) PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2020

No comments

PENGUMUMAN TENTANG SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI (JPT) PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2020

PENGUMUMAN TENTANG SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI (JPT) PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2020

Jakarta-Humas : Jum’at 25 September 2020. Berdasarkan Pengumuman dari Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial Selaku Ketua Panitia Seleksi Tentang Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pada Mahkamah Agung RI Tahun 2020. Nomor : 17/Pansel/Japati/9/2020. Tanggal 25 September 2020.

Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi pada Mahkamah Agung RI tahun 2020, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020, Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2015 tentang Percepatan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi pada Kementerian/ Lembaga, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah, dan Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disiase 2019 (Covid – 19) dengan ini kami mengundang Pegawai Negeri Sipil yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka dengan ketentuan sebagai berikut :

Untuk Lebih Jelasnya Berikut Lampiran Pengumuman Seleksi Terbuka Pengisisn Jabatan Pimpinan Tinggi pada Mahkamah Agung RI Tahun 2020. 1. Surat Pengumuman dan Lampirannya. 2. Formulir Daftar Riwayat Hidup. (ds/rs/ah).

 

Dokumen

 

dilmil medanPENGUMUMAN TENTANG SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI (JPT) PADA MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2020
read more

HUT Dharmayukti Karini Ke-18

No comments

Medan, Jumat 25 September 2020

   

Pada tanggal 25 September 2020 Dharmayukti Karini merayakan Hari Ulang Tahun yang Ke-18. Acara ini dirayakan oleh seluruh Persatuan Dharmayukti se-Indonesia. Dalam memperingati HUT Dharmayukti in i juga dilaksanakan dengan cara Virtual dengan menggunakan Zoom Meeting.

Setelah merayakan HUT Dharmayukti via Zoom Meeting, di Pengadilan Militer juga merayakan HUT Dharmayukti yang dihadiri dari Pengadilan Negeri Medan, Pengadilan Agama Medan dan Pengadilan Tata Usaha Medan. Dalam kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Medan.

Dalam acara ini juga dilaksanakan pemotongan Nasi Tumpeng untuk yang dilakukan Langsung oleh para Bapak Pelindung Dharmayukti Karini Cabang Medan.

Dan dalam acara ini juga diberikan beasiswa kepada anak dari anggota Dharmayukti untuk membantu dalam menempuh pendidikannya.

 

dilmil medanHUT Dharmayukti Karini Ke-18
read more

Kunjungan Komisi Advokasi Daerah ( KAD ) Sumatera Utara ke Dilmil I-02 Medan

No comments

Medan, 23 September 2020

Pada hari Rabu tanggal 23 September 2020, Komisi Advokasi Daerah mengunjungi Pengadilan Militer I-02 Medan. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka Koordinasi dan Sinkronisasi program kerja dari KAD Sumatera Utara dan perkenalan kepengurusan yang baru saja dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Kedatangan dari KAD ini disambut hangat oleh seluruh personel Pengadilan Militer I-02 Medan. Dimana seluruhnya juga langsung disambut oleh Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan Letkol Sus Sariffuddin Tarigan, S.H., M.H. di Ruangan Kadilmil.

    

Dalam kunjungan ini juga diharapkan supaya menjadi awal dari kerjasama antara Pengadilan Militer dengan Komisi Advokasi di Sumatera Utara dan bahkan di Indonesia dalam menangani penegakan hukum.

   

dilmil medanKunjungan Komisi Advokasi Daerah ( KAD ) Sumatera Utara ke Dilmil I-02 Medan
read more

ASSESMEN SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU DI PENGADILAN MILITER I-02 MEDAN OLEH DITJEN BADILMILTUN TAHUN ANGGARAN 2020

No comments

ASSESMEN SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU DI PENGADILAN MILITER I-02 MEDAN OLEH DITJEN BADILMILTUN TAHUN ANGGARAN 2020

Pada hari Kamis tanggal 10-12 September 2020,  Pengadilan Militer I-02 Medan sedang Megadakan kegiatan Assesmen Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara Tahun Anggaran 2020. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai lanjutan dari Asesmen sebelumnya dimana Pengadilan Militer I-02 Medan Pada tahun 2018 telah Mendapatkan predikat “A” Excellent dan sebagai upaya untuk menuju Reformasi Birokrasi yang bersih, transparan, dan akuntabel, yang juga merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan sebagai syarat untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang juga dalam waktu dekat akan dinilai oleh Kementiran Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB). Oleh sebab itu Pengadilan Militer I-02 Medan berharap dengan kedatangan Tim Accesor  Surveillance Akreditasi Ditjen Badilmiltun ini dapat memberi masukan dan mengoreksi apa-apa saja yang masih harus dibenahi sebelum Kemenpan RB melaksanakan Penilaian Zona Integritas Menuju WBK. adapun Tim yang hadir adalah Dirbinganisminmil Kolonel Chk Kiswari, S.H.,M,H, Kasubditminmil Kolonel Chk Anton Maruli Tambunan, S.H.,M.H, serta Kasi Tata Kelola : Arianie Amanda, S.E, Tim Assesor ini memeriksa keseluruhan sistem administrasi pengadilan baik dari bidang Kepaniteraan maupun Kesekretariatan dan juga kondisi fisik Sarana & Prasarana Kantor Pengadilan Militer I-02 Medan.

Pemeriksaan ini dibagi menjadi 7 area, yakni :

1. Kepemimpinan
2. Pola Bindalmin dan SOP Penyelesaian Perkara
3. Sarana & Prasarana
4. E-Judiciary
5. Layanan Pengadilan
6. Kepegawaian & Tata Laksana
7. Perencanaan, Keuangan & Pelaporan

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 10 September 2020 (Taklimat Awal), Sekaligus Pemeriksaan oleh tim Asessor, hingga tanggal 12 September 2020 (Taklimat Akhir dengan pembacaan nilai akreditasi). Adapun hasil dari kegiatan assesmen ini, Pengadilan Militer I-02 Medan berhasil mempertahankan predikat yang diraih sebelumnya pada tahun 2018 yang lalu yaitu predikat Sangat Baik (A).

Dengan pencapaian ini, tidak serta merta membuat Pengadilan Militer I-02 Medan berpuas diri karena masih terdapat beberapa koreksi ataupun temuan dari Tim Surveillance di beberapa bagian dan disepakati akan diperbaiki dalam 7 (tujuh) hari kerja Kedepan. Pengadilan Militer I-02 Medan masih banyak tugas dan sektor yang harus ditingkatkan demi untuk mencapai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Tentunya menjadi amanah dan tugas Pengadilan Militer I-02 Medan ke depannya untuk terus berbenah diri mengikuti perkembangan zaman, demi tercapainya pelayanan yang prima untuk masyarakat pencari keadilan.

   

    

admin.

dilmil medanASSESMEN SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU DI PENGADILAN MILITER I-02 MEDAN OLEH DITJEN BADILMILTUN TAHUN ANGGARAN 2020
read more