Latest news

Penyematan PIN WBK secara simbolis dan Pemberian Penghargaan (reward) Kepada Agen Perubahan dan PPNPN Teladan

No comments

 

Pada tahun 2020 yang lalu Pengadilan Militer I-02 Medan telah berhasil mendapatkan penghargaan Zona Integritas Menuju Wilaya Bebas dari Korupsi(WBK) dari Kementerian PAN & RB.

Dalam rangka menjaga dan mempertahankan serta untuk meningkatkan mencapai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani maka dilaksanakan acara penyematan PIN WBK secara simbolis sebagai simbol untuk mempertahankan dan menambah semangat untuk mencapai WBBM.

Selanjunya dilaksanakan acara pemberian penghargaan sebagai agen perubahan, Mereka yang mendapat penghargaan sebagai agen perubahan Dilmil I-02 Medan adalah :

  1. Agen perubahan Wintar Limbong, S.Kom (Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan);
  2. Agen perubahan Sri Ulina Ginting, S.Psi (Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana;
  3. PPNPN Teladan Budianto, ST

Dalam arahannya, Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan mengatakan, “penghargaan yang diberikan oleh pimpinan, janganlah dilihat dari segi materinya, akan tetapi lihatlah dari kebesaran dan ketulusan hati pimpinan yang memberikan penghargaan atas peran aktifnya dalam menggerakkan perubahan di Pengadilan Militer I-02 Medan.
Lebih lanjut Kadilmil menyampaikan, bahwa dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi ada delapan area penting manajemen pemerintahan yang perlu dilakukan perubahan secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Salah satu area penting perubahan tersebut adalah perubahan mindset (pola pikir) dan culture set (budaya kerja).
Perubahan pola pikir dan budaya kerja birokrasi ditujukan untuk mewujudkan peningkatan integritas dan kinerja birokrasi yang tinggi. Makna integritas adalah individu anggota organisasi yang mengutamakan perilaku terpuji, tidak koruptif, disiplin dan penuh pengabdian sehingga dapat mendorong terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme,sebagaimana diamanatkan Permenpan No.27 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan agen perubahan Di Instansi Pemerintah.
Perubahan mindset (pola pikir) dan culture set (budaya kerja) yang terjadi secara cepat di Pengadilan Militer I-02 Medan, tidak terlepas dari peran aktif agen perubahan tersebut, yang menjadi contoh dalam berperilaku bagi seluruh aparatur Pengadilan Militer I-02 Medan. Oleh karena itu, berdasarkan Permenpan No. 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah, pimpinan menilai sangat perlu memberikan penghargaan (reward) kepada agen perubahan tersebut.
Mudah-mudahan, “dengan kerja keras kita semu, pembangunan Zona Integritas yang sedang digalakkan di Pengadilan Militer I-02 Medan, dapat berjalan dengan sukses dengan meraih  WBBM.

 

dilmil medanPenyematan PIN WBK secara simbolis dan Pemberian Penghargaan (reward) Kepada Agen Perubahan dan PPNPN Teladan
read more

PELANTIKAN PANITERA PENGGANTI PENGADILAN MILITER I-02 MEDAN

No comments

Senin, 01 Maret 2020. Pengadilan Militer I-02 Medan Melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitera Pengganti An. Lettu Chk(K) Nurhafni, SH. bertempat diruang Sidang Sisingan Mangaraja XII Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan Letnan Kolonel Sus Sariffuddin Tarigan, SH,MH memimpin acara sekaligus melantik Panitera Pengganti Tersbut dengan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu juga kepala Pengadilan Milter I-02 Medan juga memberikan arahan kepada yang dilantik untuk segera menyesuaikan diri dan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan jabatannya dalam rangka memberikan pelayananan kepada para pencari keadilan. selanjutnya dilaksanakan pemberian ucapan selamat dan foto bersama.

admin.

dilmil medanPELANTIKAN PANITERA PENGGANTI PENGADILAN MILITER I-02 MEDAN
read more

PENGANTAR TUGAS MAYOR CHK J.M SIAHAAN, SH,M.Hum

No comments

Rabu, 03 Februari Pengadilan Militer I-02 Medan, Melepas salah satu Personel yaitu seorang Hakim Militer Mayor Chk Jhomson Maruli Siahaan, SH,M.Hum yang akana bertugas di tempat yang baru yaitu Ditkumad  Jakarta. acara diikuti oleh seluruh personel Pengadilan Militer I-02 Medan yang dipimpin langsung oleh Kepala Bpk Letnan Kolonel Sus Sariffuddi Tarigan, SH,MH.

Mutasi kali ini memang tidak lazim seperti biasanya dimana Bpk Jhomson M Siahaan adalah seorang Hakim Militer dalam pekerjaan kesehariaannya namun berdasarkan SK terakhir yang diterima beliau akan menjadi Pamen Mabes TNI di Ditkumad. dalam acara tersebut beberapa personel memberikan kesan dan pesan dan berharap beliau bisa segera mendapat penugasan lagi di Pengadilan Militer karena mengingat beliau adalah seorang Hakim.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan ramah tamah.

admin.

dilmil medanPENGANTAR TUGAS MAYOR CHK J.M SIAHAAN, SH,M.Hum
read more

PENYUMPAHAN DAN PELANTIKAN JABATAN FUNGSIONAL ANALIS KEPEGAWAIAN AHLI PERTAMA

No comments

Medan – Tim IT : Pada hari Jumat, 29 Januari 2021. Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan Letkol Sus Sariffuddin Tarigan, S.H., M.H. melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian Ahli Pertama kepada Frisilia Vini Julianti Pardosi, S.Sos.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan dilakukan di Ruang Rapat / Comand Center Pengadilan Militer I-02 Medan. Dalam situasi pencegahan Covid-19 pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah ini tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan peserta yang terbatas, menggunakan masker dan jarak antar satu dengan yang lainnya.

 

Analis Kepegawaian merupakan salah satu jabatan fungsional dengan instansi pembina Badan Kepegawaian Negara. Pemerintah sengaja mengalokasikan jabatan fungsional dengan jumlah lebih banyak. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan birokrasi yang fokus pada hasil.

Kadilmil berharap Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian yang dilantik bisa membantu Pengadilan Militer I-02 Medan dalam menjalankan pengembangan SDM serta pengembangan organisasi.

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului oleh Kadilmil I-02 Medan dan diikuti oleh perseta lainnya.

dilmil medanPENYUMPAHAN DAN PELANTIKAN JABATAN FUNGSIONAL ANALIS KEPEGAWAIAN AHLI PERTAMA
read more

Sosialisasi Perma No.7,8 dan 9 Tahun 2016, Perma No. 4,5 Tahun 2020 Serta Maklumat KMA No 1 Tahun 2017

No comments
Medan, 25/1/2021 Bertempat di Ruang Sidang Utama Sisinga Mangaraja XII Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan Letkol Sus S. Tarigan, S.H., M.H. Melakukan Sosialisasi Perma 7,8 dan 9 Tahun 2016, Perma 4,5 Tahun 2020 serta Maklumat No. 1 Tahun 2017 kepada seluruh jajaran yang ada di Pengadilan Militer I-02 medanMuatan kegaitan ini meliputi sosialisasi:

  1. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya selanjutnya disebut Perma 7 Tahun 2016);
  2. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya (selanjutnya disebut Perma 8 Tahun 2016);
  3. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan yang Berada dibawahnya (selanjutnya disebut Perma 9 Tahun 2016);
  4. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik;
  5. Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Protokol Persidangan dan Keamanan Dalam Lingkungan Pengadiln;
  6. Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 1 Tahun 2017 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Peradilan Dibawahnya.

dilmil medanSosialisasi Perma No.7,8 dan 9 Tahun 2016, Perma No. 4,5 Tahun 2020 Serta Maklumat KMA No 1 Tahun 2017
read more

Kunjungan Dandenpom I/5 ke Pengadilan Militer I-02 Medan

No comments

Medan, 20 Januari 2021

Danpomdam I/5 Medan Letkol Cpm Amal Amri Tarigan, SH datang mengunjungi Pengadilan Militer I-02 Medan. Dan beliau disambut langsung oleh Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan Letkol Sus Sariffuddin Tarigan,S.H.,M.H.

 

Tujuan dari kunjungan ini adalah bersilaturahmi dan berkonsilidasi mengenai penanganan dan penegakan hukum di lingkungan Pengadilan Militer I-02 Medan dan dijajaran Kodam I/BB.

 

dilmil medanKunjungan Dandenpom I/5 ke Pengadilan Militer I-02 Medan
read more

Penandatanganan Pakta Integritas Pengadilan Milter I-02 Medan 2021

No comments

Pengadilan Militer I-02 Medan, pada hari Senin tanggal 18 Januari  2020, pukul 09.00 WIB mengadakan penandatanganan Pakta Integritas. Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan Letnan Kolonel Sus Sariffuddin Tarigan, S.H., M.H. yang dihadiri seluruh Hakim, Panitera, Sekretaris,  Panitera, Panitera Muda Hukum, para Kasubbag, panitera pengganti, Staf Pengadilan Militer I-02 Medan.

Penandatanganan Pakta Integritas oleh Pegawai Pengadilan Militer I-02 Medan merupakan langkah untuk memastikan bahwa aparatur Dilmil I-02 Medan sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu Pakta Integritas tersebut merupakan wujud penyelenggraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik, serta wujud komitmen sebuah bentuk jaminan bahwa Pegawai Pengadilan Militer I-02 Medan tidak akan pernah melakukan tindak korupsi.

Kepala Pengadilan Militer I-02 Medan dalam sambutanya mengatakan, bahwa Penandatanganan dokumen Pakta Integritas oleh Hakim dan seluruh Aparatur Pengadilan Militer I-02 Medan ini sebagai gerakan moral dalam rangka menguatkan komitmen kita semua untuk mencegah dan memberantas korupsi. Dan juga untuk menumbuh kembangkan sikap keterbukaan  dan kejujuran dalam melayani masyarakat.

Dengan telah ditandatangani pakta integritas ini Pengadilan Miltier I-02 Medan  siap melaksanakan pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju wilyah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

 

dilmil medanPenandatanganan Pakta Integritas Pengadilan Milter I-02 Medan 2021
read more

PENERIMAAN APRESIASI DAN PENGANUGERAHAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM 2020

No comments

Medan, 21 Desember 2020

Pengadilan Militer I-02 Medan memperoleh apresiasi dan penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB yang dilaksanakan secara Virtual. Dalam penganugerahan ini terdapat 763 unit kerja yang menerima predikat WBK/WBBM. Dimana Pengadilan Militer I-02 Medan adalah salah satu diantaranya.

Hal ini menujukkan bahwa Pengadilan Militer I-02 Medan selalu berusaha mewujudkan untuk menjadi pengadilan yang bersih dari korupsi dan melayani dengan prima.

dilmil medanPENERIMAAN APRESIASI DAN PENGANUGERAHAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM 2020
read more

Bakti Sosial Dharmayukti Karini Dilmil Medan & Cabang Medan

No comments

Pada musim penghujan ini banyak daerah di Indonesia ini yang dilanda banjir. Bahkan di Sumatera Utara juga kena imbah yang cukup besar. Dimana berapa kabupaten dan kota di Sumatera Utara terkena musibah banjir. Yang paling terdampak adalah Tebing Tinggi dn Deli Serdang.

Dalam hal ini, Dharmayukti Dilmil I-02 Medan beserta Dharmayukti Cabang Medan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial guna membantu warga yang menjadi korban bencana banjir. Bantuan yang diberikan berupa sembako, uang dan pakaian.

  

Semoga apa yang dibagikan dapat membantu dan berguna bagi yang terkena musibah bencana banjir.

dilmil medanBakti Sosial Dharmayukti Karini Dilmil Medan & Cabang Medan
read more
Hubungi Kami
Pengadilan Militer I-02 Medan
Hallo, Apakah ada yang bisa kami bantu ?