Latest news

PENGAWASAN DAN PELAKSANAAN PUTUSAN PENGADILAN DI MASMIL MEDAN

No comments

Medan Humas, Pada hari Jumat, tanggal 9 Oktober 2017 telah dilaksanakan Pengawasan dan pengamatan oleh Hakim Militer dari Pengadilan Militer I-02 Medan di Masyarakat Militer (Masmil) Medan. Sesuai Pasal 262 Undang-undang No 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer, Program kerja Pengadilan Militer I-02 Medan berdasarkan Surat Perintah Kadilmil I-02 Medan dan memerintahkan melaksanakan Kegiatan Pengawasan dan Pengamatan tersebut dilaksanakan oleh 2 (dua) Hakim Wasmat Pengadilan Militer 1-02 Medan yaitu Mayor Sus Yanto Herdiyanto,S.H, M.H  dan Mayor Chk Dandi Sitompul, S.H.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Hakim Wasmat tersebut disambut oleh Waka Masmil yaitu Mayor Chk Yusdiharto, S.H. Diruang kerjanya kemudian Hakim Wasmat bertemu langsung dengan Napi Militer di  Masmil Medan. Dalam kegiatan di  Masmil tersebut melihat serta mengamati para Napi Masmil sedang menjalani pembinaan  selaku Pimpinan Hakim Wasmat dalam kegiatan telah melihat secara cermat Para Napi Militer diperlakukan sesuai aturan yang belaku dimana telah terbina hubungan baik antara petugas Masmil dengan para Napi yang dibinanya baik menjaga mentalnya maupun rohaninya, tetap terjaga kesehatan, hingga para Napi menjalani masa hukuman dengan baik serta ihklas dapat memperbaiki berbenah diri didalam Masmil sebagai pembelajaran bahan renungan  agar insyaf dan bertobat tidak melakukan pelanggaran hukum sekecil apapun, sehingga kembali ke Kesatuan masing-masing, dapat mengambil hikmah mensyukuri semua yang didapat untuk ditanamkan dalam jati diri  para Napi “ sehingga Semua napi yang dibina setelah selesai dan keluar dikembalikan Kesatuannya dari Lembaga Pemasyarakatan Medan menjadi prajurit tangguh dan berpegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI sehingga dapat berdinas untuk melaksanakan tugas pokok di Kesatuan lebih baik”.

Setelah melaksanakan kegiatan, Hakim Wasmat menanyakan dan mewawancara dengan kepada Waka Masmil serta mengecek langsung mengenai kondisi Masmil ruangan selnya terbagi 2 blok, yang pertama sel penitipan POM AD yang masih dalam proses penyidikan atau upaya hukum. Yang kedua yaitu sel bagi para napi sudah berkekuatan hukum tetap yang sedang menjalani pidananya. Hakim Wasmat meminta agar setiap kegiatan yang ada di Masmil serta memohon tembusan mengenai jumlah anggota yang telah menjalani pidananya yang telah diputus Pengadilan Militer I-02 Medan selama tahun 2017, prasarana serta fasilitas yang ada, faktor keamanan  dan permasalahan yang dihadapi masih dikatakan memenuhi standar yang ditentukan. Dalam kesempatan tersebut Hakim Wasmat menyarankan agar harus lebih ditingkatkan kordinasi  Oditur Militer sebagai eksekutor maupun POM tiap angkatan dengan Kesatuan masing-masing agar komuniti hukum tetap terjalin.

Setelah kegiatan Wasmat hari ini diakhiri dengan berfoto serta bersalam-salaman  Waka Masmil Medan dengan  Para Hakim Pengawasan dan Pengamatan.

  

 

dilmil medanPENGAWASAN DAN PELAKSANAAN PUTUSAN PENGADILAN DI MASMIL MEDAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *